Pages

Powered By Blogger

Minggu, 12 Desember 2010

Leonard Kleinrock


Leonard Kleinrock,mungkin terdengar asing nama tersebut di telinga kita.Akan tetapi perlu kita ketahui bahwa beliau adalah seorang tokoh yang mempunyai peranan dalam kemajuan teknologi yang kita rasakan saat ini. Beliaulah yang menemukan internet.

Leonard Kleinrock, lahir di New York 13 Juni 1934 adalah seorang engineer dan ilmuwan komputer.

Tgl 29 Oktober 1969, Leonard Kleinrock memimpin sebuah tim yang kemudian dapat membuat satu komputer berkomunikasi dengan yang lain di dalam bagian riset.

Kleinrock terdorong oleh keyakinan bahwa komputer dirancang untuk dapat berbicara satu sama lain sehingga menghasilkan jaringan yang sederhana, seperti penggunaan pesawat telepon.

Dalam disertasinya, Kleinrock berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah, dimana hal tersebut adalah kunci dalam pertukaran data antara satu komputer dan komputer lainnya. Hasil disertasinya tersebut kemudian diterbitkan dalam sebuah buku. Tetapi tidak ada yang peduli saat itu.

Kleinrock melakukan presentasi kepada AT&T, yang merupakan perusahaan penyedia jasa sambungan telepon lokal dan interlokal terbesar di AS. Pihak AT&T mengatakan bahwa idenya tidak akan bisa diwujudkan, bahkan jika dapat terjadipun, mereka tidak mau melakukan apapun.

Namun AT&T menyediakan sebuah jalur yang menghubungkan komputer untuk Arpanet, dimana Arpanet ini adalah sebuah proyek yang didukung oleh militer AS. Pada awalnya percobaan untuk menghubungkan Arpanet gagal. Lalu Tim Kleinrock mencoba mengirimkan data antara komputer di Arpanet dan berhasil. Dua komputer di dua unversitas lain juga terhubung pada akhir tahun 1969. Inilah jejak awal dari internet yang saat ini semakin berkembang.

Tidak pernah terbayangkan dalam benak Kleinrock akan ‘ledakan’ facebook, twitter, YouTube ataupun aplikasi yang lain, yang terjadi saat ini.

two thumbs up for him.:)

Referensi :

Kompas tgl 26 Okt 2009

http://www.taukahkamu.com

0 komentar:

Posting Komentar